Sesuai dengan surat edaran Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Nomor 15060/UN17.2/PK.03.02/2022, tentang Penyerahan Skripsi/Tesis Digital. Bahwa kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman jenjang S1 dan S2, bersama ini disampaikan bahwa guna mendukung kebijakan paperless dan digitalisasi arsip, terhitung mulai tanggal 15 September 2022 ketentuan penyerahan Skripsi/Tesis adalah sebagai berikut:
- 1. Setiap mahasiswa wajib menyerahkan Skripsi/Tesis yang telah diujikan dalam Ujian Skripsi/Tesis dan telah disahkah oleh Pembimbing Skripsi dan Dekan. Mahasiswa disarankan membuat satu buah Skripsi/Tesis dalam bentuk hardcopy (cetakan) yang dijilid untuk arsip mahasiswa atau keperluan scanning.
- 2. Softcopy (file) dari Skripsi yang berisi hasil scan Halaman Pengesahan (berisi tanda tangan dan stempel) dan Pernyataan Originalitas (berisi materai Rp 10.000 dan tanda tangan) diserahkan ke Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dalam bentuk 1 (satu) file PDF.
- 3. Softcopy (file) dari Tesis yang berisi hasil scan Halaman Pengesahan (berisi tanda tangan dan stempel) dan Pernyataan Originalitas (berisi materai Rp 10.000 dan tanda tangan) diserahkan ke Perpustakaan S2/MAP Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dalam bentuk 1 (satu) file PDF.
- 4. Tata cara penyerahan file Skripsi/Tesis (termasuk besar file, penamaan file, file pendukung) mengikuti ketentuan yang berlaku.
TATA CARA PENYERAHAN SKRIPSI/TESIS DIGITAL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MULAWARMAN
I. PENYIAPAN FILE
A. BESAR FILE SKRIPI/TESIS DTGITAL (PDF)
- 1. Besar file PDF Skripsi/Tesis maksimal 2 MB (2048 kb).
- 2. Jika besar file melebihi 2 MB, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
a. File gambar/image diperkecil besar filenya. Ada beberapa cara, di antaranya: (1) File asli dibuka, Print Screen (Prt Scn), dicrop, copy paste ke skripsi/tesis (free software: Lightshot); (2) File asli dikirim ke WA, download, copy paste ke skripsi.
b. Dipertimbangkan menghilangkan file gambar/image yang tak perlu atau menggabungkan beberapa file gambar dalam satu layar/screen untuk diprint screen.
B. PENAMAAN FILE TESIS/SKRISI PDF (PDF)
- 1. File PDF Skripsi/Tesis diberi nama dengan huruf kecil semua dan tanpa ada spasi.
- 2. Untuk memudahkan pencarian, pola penamaan file sbb:
a. Untuk Skripsi:
Pola: skripsi_prodi_tahun-pembuatan_nama-maks-2kata_judul-maks-3kata.pdf.
Contoh : skripsi_ap_2022_budi_yulianto_dampak_ekonomi_covid19.pdf.
tesis_ap_2022_yenny_politik_dinasti.pdf.
b. Untuk Tesis/MAP:
Pola: tesis_prodi_tahun-pembuatan_nama-maks-2kata_juduI-maks3-kata.pdf.
Contoh: skripsi_map_2022_budi_yulianto_dampak_ekonomi_covid19.pdf.
tesis_map_2022_yenny_politik_dinasti.pdf.
C. FILE PENDUKUNG (EXCEL)
- 1. Mahasiswa mengisi file Excel yang telah disediakan (download file excel klik disini), yang cara pengisiannya ada di file Excel tersebut.
- 2. Beri nama file Excel ini dengan pola penamaan sama namun ektensinya diganti .xlsx:
Contoh: skripsi_ap_2022_budi_yulianto_dampak_ekonomi_covid19.xlsx
tesis_map_2022_yenny_poIitik_dinasti.xIsx
II. PENYERAHAN FILE
- 1. Ada 2 (dua) file yang wajib diserahkan:
a) File Skripsi/Tesis Digital berupa flle PDF (point I.B.)
b) File Excel yang sudah diinput dengan data-data yang diminta (point I.C.) - 2. Untuk Skripsi, kedua file tersebut diserahkan ke Staf Perpustakaan Fisip Unmul,
- 3. Untuk Tesis, kedua file diserahkan ke Staf Perpustakaan MAP Fisip Unmul.
Keterangan Singktan Prodi:
ap= Administrasi Publik; ip= Ilmu Pemerintahan; pemsos= Pembangunan Sosial; hi= Hubungan Internasional; ab= Administrasi Bisnis; ilkom= Ilmu Komunikasi; psi= Psikologi; map= Magister Administrasi Publik; pin= Pemerintahan Intergratif.
Catatan:
Jika mengalami kesulitan, hubungi Bagian Perpustakaan atau TIK Fisip Unmul.