imavgesMulai tanggal 1 Januari 2021, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul) memberlakukan ketentuan baru dalam Penyusunan Skripsi para mahasiswanya. Untuk efektivitas pelaksanaannya, karena masalah pandemi dan juga untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, Fisip Unmul menyediakan fasilitas pendaftaran Seminar Proposal, Seminar Hasil, dan Ujian Sekripsi secara online dan terintegrasi dalam satu atap untuk semua program studi di lingkungan Fisip Unmul. Hal yang sama juga berlaku untuk pengurusan Surat Keterangan Lulus (SKL). Diharapkan hal ini bisa memudahkan para mahasiswa di semua Program Studi di lingkungan Fisip Unmul dalam menyelesaikan urusan-urusannya yang terkait dengan penyelesaian studinya.

Sebelum mengajukan pendaftaran secara online di website ini, mahasiswa perlu membaca terlebih dahulu panduannya di link Panduan Pendaftaran Seminar-Pendadaran dan Panduan Pendaftaran SKL serta Panduan Pengecekan Similarity agar tidak salah dalam melakukan pendaftaran yang bisa berakibat penundaan dalam pelaksanaannya (Seminar-Pendadaran) atau pembuatannya (SKL). Mahasiswa tidak bisa mengedit isian yang sudah disubmit (diajukan), melainkan harus menghubungi staf Program Studi untuk melakukan koreksi/penggantian file. Jadi, cukup satu kali saja melakukan pendaftaran, dan jika ada yang kurang, tidak lengkap, atau tidak valid, hubungi staf di Prodi untuk melakukan koreksi dan pengiriman file revisinya.

Untuk bisa mengajukan permohonan melaksanakan Seminar Proposal, Seminar Hasil, dan Ujian Skripsi, serta mendapatkan SKL, mahasiswa mesti login terlebih dahulu di website ini. Silakan login bagi yang sudah memiliki akun atau membuat akun baru di link Membuat Akun bagi yang belum memiliki. 


RINGKASAN PROSEDUR PENDAFTARAN

Seminar-PDD


Setelah Proposal Skripsi, Hasil Penelitian, atau Skripsi final mendapatkan persetujuan dari Pembimbing Skripsi untuk diseminarkan/diujikan, kumpulkan dokumen-dokumen yang disyaratkan dan scan lalu dijadikan file PDF. Lampiran persyaratan dari Surat Permohonan: 1) Halaman Pengesahan Proposal/Hasil Penelitian/Skripsi yang telah disahkan. 2) UKT semester ini, 3) KRS semester ini, 4) Transkrip akademik sementara (termasuk nilai KKN untuk yang Pendadaran), 5) Hasil pengecekan Similarity dengan Turnitin.
Catatan: Syarat no. 5 (Similarity Turnitin) wajib untuk untuk Seminar Proposal dan Pendadaran. Untuk Seminar Hasil Penelitian, mahasiswa tidak perlu melakukan pengecekan SImilarity dengan Turnitin, namun wajib mengupload file Bebas Pengecekan Similarity Turnitin yang bisa didownload di sini.


File-file dokumen tersebut disesuaikan namanya (rename) dengan format penamaan file sbb:
[jenis permohonan]_[prodi]_[jenis dokumen]_[nama max 2 kata]_[angkatan].pdf 
Contohnya untuk mahasiswa Psikologi (Psi) yang mendaftar Seminar Proposal:

    sempro_psi_permohonan_lina_sumarni_2016.pdf
    sempro_psi_pengesahan_lina_sumarni_2016.pdf
    sempro_psi_ukt_lina_sumarni_2016.pdf
    sempro_psi_transkrip_lina_sumarni_2016.pdf
    sempro_psi_krs_lina_sumarni_2016.pdf
    sempro_psi_turnitin_proposal_lina_sumarni_2016.pdf
Catatan: Jika Seminar Hasil Penelitian, ganti "sempro" dengan "semhas". Jika Ujian Skripsi (Pendadaran), ganti dengan "pdd". Contoh lengkap ada di Panduan Pendaftaran.
Keterangan: ap=Administrasi Publik, ip=Ilmu Pemerintahan, ps=Pembangunan Sosial, hi=Hubungan Internasional, ilkom=Ilmu Komunikasi, ab=Administrasi Bisnis, psi=Psikologi, pin=Pemerintahan Integratif.
   

Untuk bisa mengajukan pendaftaran secara online di website ini, ybs harus login. Dan untuk bisa login, harus memiliki akun (username dan password). Jika belum memiliki akun, klik link "Membuat Akun". Jika sudah memiliki, silakan login.


Untuk mengisi formulir pendaftaran dan mengupload file-file persuaratan, di menu "Pendaftaran Seminar-Pendadaran" klik nama Program Studi asal anda. Lalu isi formulirnya dan upload file-file tersebut di atas sesuai kolom isian upload file.


Di menu "Rekap Pendaftar Seminar-Pendadaran", klik nama Program Studi anda lalu cari nama anda (dengan melihat satu persatu, dengan mengelompokkan melalui fitur "Group by" misalnya Angkatan, atau melalui fitur Search/Cari). Jika nama anda ada di sana, berarti anda telah berhasil mengajukan permohonan. Data anda yang ditampilkan hanya sebagian. Lalu tunggu beberapa saat, jam, atau hari (tergantung antrian, hari libur).

Lakukan Langkah 5, dan cek kolom "Status Berkas". Jika kosong, artinya belum ditangani. Jika Tidak Lengkap berarti ada file yang salah yang diupload atau ada yang kurang. Jika Lengkap, berarti berkas telah lengkap, tinggal menunggu Tanggal, Waktu dan Tempat pelaksanaan Seminar Proposal, Seminar Hasil Penelitian, atau Ujian Skripsi.


Ikuti pelaksanakan Seminar Proposal, Seminar Hasil Penelitian, atau Ujian Skripsi.

SKL


Setelah Ujian Skripsi (Pendadaran), segera selesaikan revisi skripsi jika ada, lalu dijilid, kemudian minta tanda tangam Pembimbing Skripsi dan pengesahan dari Dekan lengkap dengan stempel Fakultas. Kemudian, kumpulkan dan scan dokumen-dokumen yang diminta untuk pengurusan SKL. SKL ini penting karena menjadi syarat untuk Yudisium, Wisuda, dan mendapatkan Ijazah Sarjana.


File-file dokumen tersebut disesuaikan namanya (rename) dengan format penamaan file sbb:
[skl]_[prodi]_[jenis dokumen]_[nama max 2 kata]_[angkatan].pdf (khusus pasfoto pakai .jpg,)
Contohnya:

    skl_ab_pasfoto_erni_subakti_2015.jpg
    skl_ab_ijazah_erni_subakti_2015.pdf
    skl_ab_jilid_pengesahan_erni_subakti_2015.pdf
    skl_ab_turnitin_ejournal_erni_subakti_2015.pdf
    skl_ab_ejournal_portal_erni_subakti_2015.pdf
    skl_ab_transkrip_erni_subakti_2015.pdf
    skl_ab_bebas_pustaka_erni_subakti_2015.pdf
    skl_ab_tracer_study_erni_subakti_2015.pdf


Untuk bisa mengajukan pendaftaran secara online di website ini, ybs harus login. Dan untuk bisa login, harus memiliki akun (username dan password). Jika belum memiliki akun, klik link "Membuat Akun". Jika sudah memiliki, silakan login.


Untuk mengisi formulir pendaftaran dan mengupload file-file persyaratan, di menu "Pendaftaran SKL" klik nama Program Studi asal anda. Lalu isi formulirnya dan upload file-file tersebut di atas sesuai kolom isian upload file.


Di menu "Rekap Pendaftar SKL", klik nama Program Studi anda lalu cari nama anda (dengan melihat satu persatu, dengan mengelompokkan melalui fitur "Group by" misalnya Angkatan, atau melalui fitur Search/Cari). Jika nama anda ada di sana, berarti anda telah berhasil mengajukan permohonan. Data anda yang ditampilkan hanya sebagian. Lalu tunggu beberapa saat, jam, atau hari (tergantung antrian, hari libur).

Lakukan Langkah 5, dan cek kolom "Status Berkas". Jika kosong, artinya belum ditangani. Jika Tidak Lengkap berarti ada file yang salah yang diupload atau ada yang kurang. Jika Lengkap, berarti berkas telah lengkap, tinggal menunggu Tanggal, Waktu dan Tempat pelaksanaan Seminar Proposal, Seminar Hasil Penelitian, atau Ujian Skripsi.


Lakukan Langkah 5, dan cek kolom "Status SKL". Jika kosong, artinya belum ditangani. Jika "Dalam Proses" berarti sedang diproses, dan jika Telah Terbit, berarti SKL telah selesai dibuat/dicetak. Selesai.

 

Similarity


Siapkan file Proposal Skripsi, Hasil Penelitian, Skripsi final (untuk pendaftaran Seminar/Pendadaran), atau artikel eJournal (untuk pengurusan SKL) yang sudah disetujui/di-acc oleh Dosen Pembimbing. Filenya  dalam bentuk file Word dengan ekstensi/format .doc atau .docx. Halaman Pengesahan (Proposal Skripsi/Skripsi final) atau Halamam Persetujuan penerbitan artikel (eJournal) yang sudah mendapat tanda tangan pembimbing discan/difoto lalu dicopy paste ke file Word Proposal Skripsi/Skripsi/eJournal tersebut.

Mahasiswa dari masing-masing Prodi sudah ditetapkan kemana mengirim file untuk dicek Similaritynya dengan Turnitin, seperti termuat dalam tabel berikut.

Nama Petugas: Fajar Adiatmojo, S.IP

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

       

Nama petugas: Muhammad Rois

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

a.    Prodi Administrasi Publik

a.     Prodi Ilmu Pemerintahan

b.    Prodi Hubungan Internasional

b.     Prodi Pembangunan Sosial

c.    Prodi Administrasi Bisnis

c.     Prodi Ilmu Komunikasi

d.    Program S1 Pemerintahan Integratif

d.     Prodi Psikologi

 

 

 

 

 

 

 

Contoh: Mahasiswa Prodi Administrasi Publik yang akan melaksanakan seminar proposal, wajib mengirim file PDF proposal skripsi tersebut ke email turnitinmhs01[at]gmail.com. Mahasiswa Prodi Pembangunan Sosial yang akan melaksanakan ujian skripsi, wajib mengirim file PDF skripsinya  ke email turnitinmhs02[at]gmail.com.  (Catatan: [at] diganti @)

Kirim file Proposal Skripsi, Hasil Penelitian, Skripsi final, atau artikel eJournal tersebut dengan email ke alamat email yang sudah ditentukan seperti disebutkan di atas.

Tunggu beberapa saat, jam, atau hari (tergantung antrian, hari libur)

 

Cek hasil  scan Turnitian yang masuk di email.. Untuk Proposal Skripsi dan Skripsi final, bila hasil scan lebih besar dari 40%, mahasiswa tersebut akan dikirimi satu file hasil scan lengkap dengan skornya. Untuk artikel eJournal (e-Jurnal), bila hasil scan lebih besar dari 30%, mahasiswa terkait juga akan dikirimi satu file hasil scan lengkap dengan skornya..Gunakan file ini sebagai panduan untuk merevisi bagian-bagian dari proposal/skripsi atau artikel eJournal yang terkena similarity. Setelah direvisi, kirim ulang filenya untuk discan ulang. Demikian seterusnya sampai memenuhi ketentuan persyaratan..
Jika hasil skor (similarity index) lebih kecil atau sama dengan 40% untuk Proposal/Skripsi, atau lebih kecil atau sama dengan 30% untuk artikel eJournal, mahasiswa akan dikirimi satu file tambahan bernama "Digital Receipt" (Tanda Terima Digital)  yang berisi total skor, stempel Fakultas, paraf petugas dan tanda tangan WD I. File "Digital Receipt" inilah (satu halaman) yang diupload sebagai lampiran untuk melakukan pendaftaran.

.
Jika semua persyaratan lengkap, isi formulir online dan upload file-file yang diminta, termasuk file Digital Receipt.

.
Selesai.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman