Agar pengecekan prosentase kesamaan (Similarity Index)  Proposal Skripsi, Skripsi (final), dan eJournal bisa lebih efisien dan efektif, ikuti panduan berikut ini.

turnitin2A. PENYIAPAN FILE

File yang perlu dipersiapkan adalah file Proposal Skripsi, Skripsi final, atau artikel eJournal yang sudah disetujui oleh dosen pembimbing sebelum diajukan ke Program Studi untuk pelaksanaan Seminar/Pendadaran (untuk Proposal/Skripsi) atau untuk diterbitkan/dionlinekan di situs eJournal (disetujui/ditandatangani minimal oleh satu dosen pembimbing untuk skripsi yang dibimbing oleh dua orang pembimbing) . FIle yang disiapkan adalah  file Word dengan ekstensi .doc atau .docx. Jika file dipecah-pecah menurut Bab, file-file pecahan itu digabung menjadi 1 (satu) file Word. Secara ringkas, siapkan file berikut:

Seminar Proposal: Satu file Proposal Skripsi (di hlm pengesahan ada tanda tangan pembimbing)
Ujian Skripsi: Satu file Skripsi (di halaman pengesahan ada tanda tangan pembimbing)
Pengurusan SKL: Satu fIle artikel eJournal (di hlm persetujuan ada tanda tangan pembimbing)

Catatan:
1. Untuk Proposal Skripsi dan Skripsi (final), halaman pengesahan yang sudah ditandatangani oleh Dosen Pembimbing discan/difoto lalu di copy paste ke file Word skripsi di bagian halaman pengesahan.
2. Untuk artikel eJournal (e-Jurnal), download halaman pengesahan/persetujuan pembimbing di sini (ukuran kertas 17,5x23,5cm - Prodi AP, IP, PS/Pemsos, HI, Ilkom, PIN) atau di sini (ukuran kertas eJournal memakai A4). Setelah diisi dan ditandatangani dosen Pembimbing, lalu discan/difoto kemudian di copy paste ke file dengan ukuran kertas artikel eJournal yang sama (dihilangkan semua teks terlebih dahulu di file halaman persetujuan pembimbing tsb). Tutorial menggabungkan dua file word (halaman persetujuan dan artikel ejournal) bisa dilihat di sini.

 

B. PENGIRIMAN FILE PROPOSAL/SKRIPSI/eJOURNAL DAN HASIL SIMILARITY INDEX 

Berikut adalah langkah-langkah pengiriman file Proposal Skripsi, Skripsi (final), atau artikel eJournal serta peneriman hasil Similarity Indexnya.

1. File Word Proposal SKripsi, Skripsi (final), atau artikel eJournal tersebut dikirim ke staf yang bertugas mengecek similarity berdasarkan Program Studi, sebagai berikut:

Fajar Adiatmojo, S.IP

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

       

Muhammad Rois

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

a.    Prodi Administrasi Publik

a.     Prodi Ilmu Pemerintahan

b.    Prodi Hubungan Internasional

b.     Prodi Pembangunan Sosial

c.    Prodi Administrasi Bisnis

c.     Prodi Ilmu Komunikasi

d.    Program S1 Pemerintahan Integratif

d.     Prodi Psikologi

 

 

 

 

 

 

 

Contoh: Mahasiswa Prodi Administrasi Publik yang akan melaksanakan seminar proposal, wajib mengirim file Word proposal skripsi tersebut ke email  turnitinmhs01[at]gmail.com. Mahasiswa Prodi Pembangunan Sosial yang akan melaksanakan ujian skripsi, wajib mengirim file Word skripsinya  ke email turnitinmhs02[at]gmail.com. 
Catatan:
[at] diganti @

2.  Tunggu beberapa saat, jam, atau hari (tergantung antrian, hari libur, weekend, dsb)

3. Hasil scan Turnitin akan dikirim ke email mahasiswa. Untuk tahun 2021*, bila hasil scan untuk Proposal dan Skripsi (final) lebih besar dari 40% dan untuk artikel eJournal lebih besar dari 30%, mahasiswa tersebut akan dikirimi satu file hasil scan lengkap dengan skornya. Gunakan file ini sebagai panduan untuk merevisi bagian-bagian dari proposal/skripsi yang terkena similarity. Setelah direvisi, kirim ulang filenya untuk discan ulang. Demikian seterusnya sampai mendapatkan maksimal 40% Similarity Indexnya untuk Proposal dan Skripsi atau maksimal 30% untuk artikel eJournal. Dengan demikian scan Turnitin bisa berulang-ulang, dan inilah yang menjadi alasan mengapa file yang harus dikirim adalah manuscript (proposal, skripsi, ejournal) yang sudah mendapat pengesahan/persetujuan pembimbing (untuk discan Turnitian atau diajukan ke Prodi), bukan file setengah jadi atau file coba-coba. 

Jika hasil skor (similarity index) lebih kecil atau sama dengan 40% untuk Proposal dan Skripsi atau lebih kecil atau sama dengan 30% untuk artikel eJournal, mahasiswa akan dikirimi satu file tambahan bernama Digital Receipt (Tanda Terima Digital) yang berisi total skor, stempel Fakultas, dan tanda tangan yang berwenang mendandatangani. File inilah yang diakui oleh Program Studi sebagai file yang valid untuk diproses.  

Jika semua persyaratan lengkap, isi formulir online dan upload file-file yang diminta, termasuk file Digital Receipt.
 
Keterangan: * Tahun 2022 akan berubah menjadi 35%, tahun 2023 menjadi 30% (Surat Edaran Dekan No. 13133/UN17.2/SE/2020).

 

C. KETENTUAN DAN TIPS 

1. Mengcopy paste (Copas) tulisan orang ke dalam tulisan sendiri akan dideteksi oleh Turnitin sebagai Similar (Sama). Semakin banyak copas-nya semakin tinggi skor similarity indexnya. Jadi, hilangkan copas-nya untuk menurunkan skor Similarity indexnya.

2. Jika mengutip karya orang lain, ikuti ketentuan Merujuk dengan Kutipan Langsung, yakni memakai tanda kutip/petik ("...") di teks utama bila kutipan tidak lebih dari tiga baris. Atau ditulis menjorok ke dalam (indent 1 cm) bila kutipan lebih dari tiga baris. Sumber tulisan harus disebut. Kutipan langsung (Quotes) yang sesuai aturan penulisan karya ilmiah, tidak dihitung dalam penghitungan Similarity Index.

3. Jika mengutip karya orang lain, ikuti juga ketentuan Merujuk dengan Kutipan Tidak Langsung. Hal ini bisa dilakukan dengan a) meringkas dan menyimpulkan dengan memakai kosa kata sendiri (berbeda kosa kata dgn yang dikutip) dan tetap harus menyebut sumbernya, b) melakukan teknik Paraphrase (Parafrase), yakni mengubah struktur kalimat/paragraph dan kosa katanya tanpa mengubah isi atau substansi kalimat/paragraph. Sumber tulisan harus juga disebut.

4. Mencopas tulisan lain walapun menyebut sumber tapi tidak mengikuti aturan pengutipan, dianggap sebagai kosa kata yang dibuat sendiri, sehingga dihitung Similaritynya oleh Turnitin. Lakukan teknik Paraphrase untuk menghindarinya.

5. Poin nomor 2-4 ada di buku Panduan Penyusunan Skripsi 2020 halaman 25-28. 

6. Selain kutipan langsung (Quotes), Bibliography juga dikecualikan (di-exclude) dalam perhitungan Similarity Index. Bila Quotes dan Bibliography dihitung oleh Turnitin (mungkin karena perbedaan format antara Turnitin dengan yang ada di manuscript), penelusuran pengecekan similarity terhadap Quotes dan Bibliography akan dilakukan bila skornya lebih besar dari namun mendekati 40% (misal 41-45%).  

7. Disarankan untuk tidak menaruh file skripsi di Internet (termasuk Google Drive) dengan akses publik karena bila terscan oleh Turnitin hasilnya bisa mencapai 100% (Self Similarity Checking, pengecekan kesamaam dengan artikel sendiri/artikel yang sama yang dibuat oleh pengarang yang sama namun berada di tempat lain).

8. Jangan menyerahkan artikel untuk diterbitkan/dionlinekan di Internet/situs eJournal sebelum dicek dengan Turnitin oleh staf yang bertugas. Jika artikel sudah dionlinekan di situs eJournal, hasil similaritynya bisa mencapai 100% (Self Similarity Checking).

8. Hati-hati bila mencoba melakukan scan sendiri dengan program online karena bila salah mensetting, file arsip bisa tersimpan di sana. Jika terscan Turntin hasil Similarity Indexnya bisa sampai 100% (Self Similarity Checking).

9. Akun Turnitin adalah akun berbayar. Hati-hati meminta jasa orang lain menscan dengan Turnitin jauh-jauh hari sebelumnya. Jika salah mensetting, file arsip akan tersimpan di database Turnitin sehingga hasil scan bisa sampai 100% (Self Similarity Checking).

10. Jika hasil scan sangat besar (80-100%) karena Self Similarity Checking, urusan akan jadi panjang, yang berarti penundaan signifikan untuk Seminar Proposal, Ujian Skripsi, atau mendapatkan SKL.

11. Kejujuran dan integritas diri adalah hal paling utama dalam penulisan karya ilmiah. Yang ketahuan curang mengakali manuscript agar tidak terdeteksi oleh Turnitin dikenakan sanksi 1-3 bulan penundaan untuk scan berikutnya (tergantung dari canggih tidaknya dalam memanipulasi manuscript). Staf yang ditugaskan mengecek Similarity dengan Turnitin telah diberi pelatihan khusus untuk hal ini (plus update turnitin hacking tricks terkini).

12. Good luck!

 

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman